Sunday 10 April 2016

Apa arti kesehatan bagi sebuah bangsa

Kesehatan itu merupakan tuntutan yang tidak bisa ditawar bagi perkembangan peradaban suatu bangsa, dimana kesehatan memegang peranan penting karena tanpa kesehatan mustahil manusia dapat menghasilkan karya-karya peradaban yang berlimpah. Kesehatan sangat erat kaitannya pada perkembangan bangsa itu, dimana dari kesehatan kita bisa melihat perkembangan bangsa tersebut. semakin maju masyarakatnya, semakin sehat orang-orangnya. 
Jika dipikirkan mana yang lebih penting antara kesehatan dan pendidikan, tentu sebagian besar akan menjawab kesehatanlah yang terpenting karna tanpa kesehatan orang tidak ada artinya. Akan tetapi orang menyadari pentingnya kesehatan itu setelah penyakit itu ada atau menghinggapinya. Ketika seseorang sakit, semua sistem dalam kehidupannya berubah, dari psikologis pribadinya yang juga mempengaruhi psikologis lingkungan sekitarnya sehingga baru disadarinya betapa penting kesehatan itu.

Bisa dibayangkan bagaimana suatu negara bila pendudukanya kebanyakan sakit, mungkin negara itu tidak akan maju-maju dan bahkan bisa jadi akan mengalami kemunduran. Penyakit bertebaran dimana-mana, orang yang sehat harus mengorbankan tenaga dan waktunya untuk orang yang sakit, belum lagi harus mengurusi hal-hal lainnya. sehingga tingkat stress dari penduduknya menjadi tinggi, kalau tingkat stress tinggi maka akal sehatpun akan semakin sedikit. Bisa kita banyangkan kalau suatu negara dengan penduduk yang akal sehatnya rendah, pasti akan banyak kekacauan-kekacauan yang timbul.

Kesehatan itu meliputi semua elemen kehidupan manusia, dari fisik, psikologis dan bahkan sampai kesehatan spiritual. Dan semua itu sama pentingnya untuk menjaga kwalitas hidup dari suatu bangsa apalagi bangsa itu sedang mengalami perkembangan. Jangan sampai Kesehatan terlupakan oleh Pemerintah yang terlena dengan pembangunan lainnya.

Kenapa seseorang baru sadar akan pentingnya kesehatan setelah orang itu sakit terlebih dahulu? Banyak faktor yang mempengaruhinya selain dari dalam diri, lingkungan juga kebiasaan ataupun budaya yang tercipta dari suatu masyarakat. Kalau dari dalam biasanya dikarenakan pola-pola hidup yang kurang baik, misalnya merokok, kurang istirahat, suka begadang, suka makan enak-enak, kurang makan sayur dan buah-buahan, dan manajemen stress yang kurang baik. selanjutnya kalau dari luar atau lingkungan, bisa karna lingkungan yang kurang sehat, lingkungan pergaulan yang kurang baik untuk kesehatan, selanjutnya kebiasaan-kebiasaan dalam suatu masyarakat bisa tercipta tapi kurang memperhatikan akan dampak bagi kesehatannya, misalnya minum-minuman keras pada saat ada pesta atau pun perayaan hari besar.


No comments:

Post a Comment