Tuesday 19 April 2016

SEJARAH

Sejarah merupakan studi tentang masa lalu khususnya bagaimana kaitannya dengan perjalanan kehidupan manusia. Atau bisa juga diartikan sebagai kejadian atau peristiwa yang benar terjadi pada masa lampau terutama berkaitan dengan pemerintahan. Penulis sejarah sering di sebut sejarawan.

Sejarah biasanya di susun segagai narasi untuk menganalisa urutan yang terjadi di masa yang lalu. Narasi disusun berdasarkan temuan-temuan atau bukti yang menjadi data objektif untuk dianalisa sebab akibatnya. Perdebatan dalam sejarah selalu terjadi karna sejarahpun bisa merupakan kesepakatan-kesepakatan yang di ambil berdasarkan fakta yang menjadi bukti kejadiannya.

Pengaruh perkembangan studi tentang sejarah selalu berkembang dari masa ke masa. Sebagian orang merujuk pada studi dengan pendekatan cerita yang berkembang, dan sebagian lagi harus dengan penelitian ilmiah sehingga didapatkan pendekatan yang hapir mendekati kebenaran-kebenaran yang terjadi. Akan tetapi banyak juga sebagian orang yang mencari kebenaran sejarah dengan menghubungkan suatu cerita dengan apa yang hanya diyakininya mesti bukti tidak ditemukan dan mereka mempersepsikan apa yang dilihatnya dan dianalisa seperti apa yang diingikannya. Yang artinya peneliti berusaha menentukan hasil sehingga narasi yang di gambarkannya seperti apa yang menjadi pemikirannya. Sejarah seharusnya didahulukan atas bukti bukan berdasarkan tujuan sehingga tidak terjadi penyimpangan sejarah.

Sejarah modern banyak memanfaatkan perkembangan teknologi sebagai acuan menganalisa sebab akibat dan usia dari bukti sejarah, sehingga didapat pendektan yang benar-benar mendekati dari kejadian yang sesungguhnya.

Dimasa depan mungkin akan lebih mudah bagi orang-orang untuk mengungkap sejarah masa kini karna dimasa sekarang bukti-bukti dapat ditemukan dengan lengkap dan visual.


No comments:

Post a Comment