Tuesday 19 April 2016

ARTI BIOLOGI DAN EKOSISTEM BAGI KELANGSUNGAN HIDUP MANUSIA

Biologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang kehidupan dan mahluk hidup baik struktur, fungsi, evolusi, pertumbuhan dan persebarannya. Kehidupan di dunia ini merupakan suatu yang unik karna itu banyak sekali cabang-cabang ilmu biologi yang menjadi bagian dari biologi itu sendiri. Ekosistem merupakan komponen penting dari biologi karna ekosistem erat kaitanya dengan kehidupan, cara hidup, perkembangbiakan dan kemampuan mahluk hidup untuk beradaptasi terhadap lingkungannya. Dalam ilmu biologi semua bagian kehidupan di ulas dari sel, jaringan, organ, dan semua bagian system yang mendukung dari kehidupan.

Bagian cabang biologi yang telah ada antara lain:
1.       Fisiologi yang mempelajari fungsi dari semua komponen system yang ada dalam organism.
2.       Biologi seluler merupakan cabang biologi yang mempelajari sel dari organism
3.       Botani merupakan cabang biologi yang mempelajari Tumbuhan secara umum
4.       Molekuler biologi mempelajari kaita molekul dalam organism   
5.       Biokimia mempelajari proses kimia maupun strustur kimia dari sel hidup

Pengetahuan Biologi sangat besar peranannya dalam keberlangsungan dan peningkatan mutu kehidupan. Karna pada dasarnya dalam kehidupan ini merupakan ekosistem yang saling menjaga keseimbangan dan manusia menjadi bagian dari keseibangan itu.


Alam memberi kehidupan pada semua mahluk, alam bukan hanya milik manusia semata. Untuk itu manusia wajib menjaga alam karna manusialah organisme yang mampu menghancurkan dan sekaligus memelihara dari alam atau ekosistem ini.

Dengan memahami bagai mana peran manusia menjadi bagian dari komponen ekosistem maka haruslah manusia menjaga keseimbangan agar kehidupan dapat berjalan normal dan berkelangsungan.

No comments:

Post a Comment